Persada Aqiqah Malang

Persada Aqiqah Malang

Inilah Beberapa Tips Yang Bisa Ayah dan Bunda Pilih Saat Merencanakan & Menyiapkan Lahirnya sang bayi.

akekah.com Menunggu kehadiran anak ialah hal yang membuat deg-degan para orang tua terutama para calon orang tua baru. Waktu yang ditunggu-tunggu ini tentunya menjadi cerita tersendiri buat para orang tua. Biasanya saat fase itu banyak sekali perencanaan dan juga hal yang wajib dilakukan oleh Ayah & Bunda untuk menyambut kelahiran bayi tercinta.

Nah bila Ibu dan Ayah ialah salah 1 orang yang lagi menanti kelahiran seorang anak dan masih bingung apakah saja perencanaan & kesiapan yang sepatutnya dilakukan. Berikut Ini akekah.com bahas soal berbagai tips yang bisa Ayah & Bunda terapkan saat merencanakan dan menyiapkan kelahiran seorang anak. Ayo Kita lihat pembahasan lengkapnya berikut!

Tips Merencanakan dan Membuat Persiapan Kelahiran seorang anak

Persiapan Fisik dan Mental

Tips terutama yang harus Anda lakukan saat merencanakan dan menyiapkan lahirnya anak adalah melakukan persiapan jasmaniah dan mental. Hal tersebut disebabkan mempunyai anak bukanlah hal yang gampang khususnya bagi banyak pasangan yang baru punya anak satu. Persiapan jasmaniah itu harus dikerjakan oleh para orang tua khususnya sang ibu agar proses lahirnya sang anak dapat berjalan normal & lancar.

 

 

Sementara itu persiapan mental pun harus dilakukan. Saling menyemangati satu sama lain merupakan salah 1 cara yang dapat dilaksanakan oleh Ayah & Bunda agar bisa melalui proses melahirkan yang bisa dibilang sangat menegangkan. Selain itu ke depannya pun Ayah dan Bunda akan merawat sang bayi, oleh sebab itu dibutuhkan kesiapan mental yang sangat matang.

Persiapan Finansial

Selain persiapan mental & jasmani yang harus dilakukan oleh para orang tua, kesiapan finansial juga merupakan salah satu hal yang paling krusial untuk bisa membuat perencaan dan menyiapkan kelahiran sang anak dengan baik. Memang tidak bisa dipungkiri bahwasanya saat menyambut lahirnya seorang anak butuh persiapan budget yang cukup banyak. Bunda dan Ayah mesti mempersiapkan anggaran yang cukup untuk proses lahiran, merawat sang anak, menyiapkan berbagai perlengkapan bayi, dan lainnya. Karena sebagaimana Kita ketahui bahwa anggaran persalinan di rumah sakit saat ini bisa dikatakan cukup mahal. Walaupun Ayah & Bunda memiliki asuransi medis dari kantor Ibu dan Ayah bekerja, akan tetapi selalu saja mesti menyiapkan budget yang lebih jikalau suatu saat nanti ada sesuatu yang timbul di luar jangkauan.

Persiapan Akekah

Berakikah ialah ritual penyambutan buah hati yang baru lahir dengan memotong kambing yang amat disunahkan oleh Islam. Jadi disamping Ayah & Bunda mempersiapkan mental, fisik, dan juga finansial, juga harus mempertimbangkan kesiapan pasca hari melahirkan, salah satunya adalah membuat persiapan akikahnya yang dilaksanakan pada hari ke-7. Tentunya hal ini didasarkan pada perintah tentang aqiqah, diantaranya yang diriwayatkan oleh Syaikh Ahmad & Ashhabus Sunan yang sudah dishahihkan oleh Imam At-Tirmidzi. Tetapi bila tidak bisa menjalankannya di hari ketujuh, Ibu dan Ayah pun tetap bisa melakukannya pada hari yang lain seperti hari ke-14, hari ke-21, ataupun hari-hari lainnya.

Hal-Hal Yang Semestinya Diperhatikan Ketika Akan Melakukan Aqiqoh

Nah, merencanakan dan menyiapkan lahirnya sang bayi ini sebaiknya dilaksanakan jauh-jauh hari. Sebab ada beberapa anjuran yang mesti dilakukan ketika berkeinginan melakukan akekah, diantaranya yaitu:

Hewan Aqiqoh

Sebagaimana yang telah digambarkan di awal bahwa akekah adalah suatu proses pemotongan kambingsebagai wujud rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta’aala atas lahirnya seorang anak. Maka dari itu, tentunya untuk bisa beraqiqoh, membutuhkan dombayang hendak dipotong untuk aqiqah. Adapun banyaknya kambing / dombayang dijadikan sebagai hewan akekah tergantung kepada jenis kelamin anak. Apabila sang anak yang lahir berjenis kelamin laki-laki, dianjurkan berakekah dengan 2 ekor kambing. Sedangkan jika seorang anak yang lahir berjenis kelamin perempuan, banyaknya domba/kambing yang dijadikan untuk aqiqah ialah sebanyak 1 ekor domba saja.

Ketika pemilihan kambing atau domba akikah itu tidak sembarangan. Anda wajib memperhatikan masalah yang wajib dipenuhi oleh kambing yang akan dipotong seperti sudah berusia paling tidak 1 tahun, sehat & tidak cacat sedikitpun. Maka dari itu, merencanakan & menyiapkan kelahiran sang bayi semestinya dikerjakan dengan matang oleh para calon orang tua.

Disunnahkan Untuk Memotong Kambing Atau Domba Akikah Sendiri

Perlu Bunda & Ayah tahu bahwasanya saat mengerjakan akikah ini, disunnahkan untuk menyembelih domba aqiqoh sendiri. Lalu bagaimana seandainya Ayah dan Ibu tidak dapat untuk melakukannya sendiri? Nah, jikalau hal ini terjadi, bisa diwakilkan kepada pihak catering dan Anda cukup menyaksikan pelaksanaan atauproses pemotongan domba / kambing tersebut baik secara langsung maupun berupa dokumentasi foto dan video.

Pembagian Daging Dalam Kondisi Sudah Berupa Makanan Siap Saji

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam berakikah yakni daging akekah yang hendak dibagi-bagikan tersebut sepatutnya dalam keadaan telah berupa makanan siap konsumsi. Hal ini berbeda dengan kambing kurban yang dianjurkan pembagiannya berupa daging yang mentah. Selain itu, daging domba yang diakikahkan ini pun bisa dikonsumsi oleh keluarga yang mempunyai hajat. Berdasarkan anjuran itu jelas bahwa Islam sangat memperhatikan pelaksanaan saat merencanakan dan menyiapkan lahirnya sang anak.

Memotong Rambut Bayi

Proses yang tidak boleh sampai terlewatkan saat mengerjakan sunah aqiqoh adalah memotong rambut bayi. Hal tersebut sudah diriwayatkan padat sebuah hadis shahih yang menyatakan bahwa setiap bayi yang baru lahir tergadai dengan akikahnya yang dilaksanakan di hari ketujuh dengan cara memotong hewan berupa domba / kambing, lalu diberi nama & dipotong rambutnya. Setelah rambut bayi selesai dipotong, Islam memerintahkan melumurinya dengan minyak wangi.

Melakukan Sedekah

Dalam merencanakan & mempersiapkan kelahiran sang buah hati terutama di saat beraqiqoh, Ayah & Bunda disunahkan untuk melakukan sedekah sesuai kadar timbangan dari pencukuran rambut bayi yang telah dilaksanakan yang kemudian akan dikonversikan dalam wujud perak.

Itulah beberapa info yang sepatutnya dipenuhi dikala berkeinginan berakekah. Namun, sangat penting Ayah dan Ibu tau bahwa sekarang beraqiqoh dapat melibatkan sebuah perusahaan jasa layanan aqiqoh. Dengan hadirnya perusahaan jasa akekah ini proses yang semestinya dikerjakan akan jadi semakin ringan. Apalagi ditambah dengan kondisi saat sekarang di mana perusahaan jasa layanan aqiqah telah banyak bermunculan. Oleh sebab itu, tinggal Ayah dan Ibu pintar-pintar dalam memilih lembaga jasa layanan akekah yang sesuai kebutuhan dan terpercaya. Pasti banyak sekali keunggulan yang didapatkan saat memutuskan menggunakan perusahaan jasa akekah diantaranya adalah tambah praktis, hemat waktu, menawarkan berbagai layanan & berbagai keunggulan lainnya.

Demikianlah penjelasan soal tips yang dapat Ayah & Bunda laksanakan ketika merencanakan dan mempersiapkan lahirnya sang anak. Diharapkan review di atas bermanfaat!

Salam

Persada Aqiqah Malang