Site icon Akekah.com

Jenis dan Jumlah Hewan yang Disembelih pada Aqiqah

Jenis Hewan yang Akan Disembelih sebagai Aqiqah, Usianya, serta Sifat-Sifatnya

Hewan yang akan disembelih sebagai aqiqah, baik dari segi jenis, usia, dan sifat-sifatnya yang harus bebas dari cacat, tidak berbeda dari hewan kurban. Jenis hewan yang akan diaqiqahkan itu adalah unta, sapi, atau domba. Namun menurut satu pendapat, tidak boleh beraqiqah dengan sapi atau unta.

Jumlah Hewan yang Disembelih pada Aqiqah

Menurut madzhab Maliki, jumlah hewan aqiqah itu adalah satu ekor baik yang lahir adalah anak laki-laki atau perempuan. Hal itu didasarkan pada hadits dari Ibnu Abbas di atas, bahwa Rasulullah SAW menyembelih satu ekor domba jantan ketika Hasan dan Husein lahir. Jumlah hewan yang seperti ini adalah yang paling logis dan memudahkan.

Sementara itu, menurut madzhab Syafi’i dan Hambali, jika yang lahir adalah anak laki-laki, maka disembelih dua ekor domba, sementara jika anak perempuan satu ekor. Hal itu didasarkan pada riwayat yang disampaikan Aisyah, “Untuk anak laki-laki disembelih dua ekor domba yang sama kualitasnya, sementara untuk anak perempuan satu ekor.” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi yang memandang kualitasnya shahih. Demikian juga, dalam hadits riwayat Ahmad dan lbnu Majah disebutkan redaksi sebagai berikut,”Rasulullah menyuruh Kami untuk mengaqiqahi anak perempuan dengan satu ekor domba, sementara untuk anak laki-laki dua ekor. Hadits dengan makna yang sama juga diriwayatkan oleh Ahmad dan at-Tirmidzi yang memandang kualitasnya shahih dari Ummu Kuraz al-Ka’biyah.” (Nailul Authaar, jilid 5, hlm. 132))

Adapun hadits dari Ibnu Abbas di atas dimaknai sebagai bentuk kebolehan. Dihitung sama dengan satu ekor domba jika orang tua si bayi menyembelih sepertujuh sapi. Demikian juga, jika seseorang menyembelih seekor unta atau sapi untuk mengaqiqahkan tujuh orang anaknya, maka tindakan itu dibolehkan, sebagaimana sah juga menurut madzhab Syafi’i aqiqah yang dilakukan dalam bentuk unta atau sapi, sementara antara orang-orang yang ikut serta di dalamnya ada yang hanya berniat sekadar untuk mendapatkan daging.

Aqiqah hendaklah dilakukan setiap kali memperoleh anak. Sunnah aqiqah juga telah terpenuhi dengan menyembelih seekor domba untuk kelahiran anak laki-laki, dan seekor domba juga untuk anak perempuan. Hal itu didasarkan pada perbuatan Rasulullah SAW. ketika kelahiran Hasan dan Husein. Selanjutnya, jika seseorang dikarunai anak kembar maka hendaklah melakukan dua kali aqiqah dan tidak cukup sekali saja.

Exit mobile version