Inilah Beberapa Cara Menentukan Kambing / Domba Kurban & Aqiqah

Inilah Beberapa Cara Menentukan Kambing / Domba Kurban & Aqiqah – Terdapat 2 hari besar yang selalu dirayakan oleh umat islam, yakni ’Idul fitri dan  ’Idul adha. Ke-2 hari raya tersebut bisa sangat penting. Seperti yang Kita ketahui, sekitar ± dua bulan sesudah adanya Idul fitri, tentunya Iedul adha dirayakan.

’Iedul adha sendiri bisa disebut ’iedul kurban. Di mana, rata-rata umat muslim menjalankan ritual qurban. Terdapat yang  berqurban dengan sapi, ada pula kambing atau domba. Biasanya, ketika sudah menjelang idul adha, terdapat beragam sekali peternak yang jual kambing kurban di tepi jalan. Harganya pun bervariasi, berdasarkan berat dan  kualitas kambing/domba qurbannya.

Selain iedul adha, ada pula sebuah hal penting yang sepatutnya dikerjakan lebih dahulu, yaitu aqiqoh. Semua umat islam semestinya melaksanakan akikah. Utamanya akikah dilaksanakan waktu seseorang masih kecil atau baru lahir, tetapi boleh juga dilakukan ketika telah mempunyai rejeki yang cukup. Buat anak laki-laki, aqiqah dilakukan dengan menyembelih dua ekor kambing/domba. Sementara, buat bayi wanita hanya satu ekor kambing atau domba. Dalam pemilihan hewannya mesti Anda pilih sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, dibawah ini terdapat beberapa cara Mencari Kambing Kurban & Perusahaan Jasa Akikah.

Tips Mencari Hewan Kurban dan Penyedia Layanan Catering Akekah

Memilih jenis Domba / Kambing

Ada beberapa macam hewan yang diutamakan untuk berqurban, antara lain yaitu sapi, kerbau, domba, kambing dan unta. Hewan-hewan tersebut pasti yang telah sesuai peraturan tentang hewan yang pantas sebagai dikurbankan. Jika kambing hanya dapat mewakili 1 pequrban saja. Dan, buat satu ekor unta, sapi atau  kerbau mewakili 7 orang pequrban langsung.

Memiliki Cukup Usia

Tidak asal hewan dapat diqurbankan. Tips memilih hewan qurban &  perusahaan penyedia layanan aqiqoh selanjutnya yaitu dengan mencari hewan yang sudah cukup usia. Biasanya, untuk sapi, minimal sudah berumur dua tahun sempurna memasuki tahun ketiga. Untuk type kambing jawa atau sejenisnya, seharusnya yang sudah genap 2 tahun memasuki ketiga, boleh menggunakan yang berumur satu tahun atau kurang dari dua tahun jika kambing yang berumur minimal 2 tahun sangat sulit didapatkan. Adapun untuk jenis domba & sejenisnya, sebaiknya yang sudah genap satu tahun memasuki kedua, boleh menggunakan yang berumur minimal enam bulan atau kurang dari satu tahun jika domba yang berumur minimal satu tahun sulit dijumpai.

INFO LAINNYA :  Inilah 6 Cara Mencari Kambing atau Domba Qurban & Penyedia Jasa Layanan Catering Aqiqah

Untuk mengira-ngira usia dari domba atau hewan yang hendak digunakan  untuk akekah tersebut, maka bisa dengan mengecek giginya. Gigi yang sudah tanggal atau lepas ialah pertanda bahwa hewan itu sudah cocok dan cukup umur buat kurban dan aqiqoh. Terkadang warna dari giginya pun terlihat semakin gelap.

Tidak Memiliki Kecacatan

Tips Memilih Hewan Kurban dan Penyedia Jasa Akekah selanjutnya ialah hewan tersebut tak mempunyai kecacatan. Hal itu perlu diperhatikan, karena sekiranya  kambing/domba yang dipilih ternyata cacat, hewan itu tidak sah digunakan untuk qurban atau akikah. Yakinkan bahwasanya hewan kurban dan aqiqoh yang Anda pilih masih bisa melihat, tidak pincang dan  lain-lain. Ketika hewan yang disembelih tidak memenuhi syarat untuk hewan kurban dan aqiqah, maka dagingnya sudah tidak dapat dinamakan daging qurban dan akekah, tetapi daging sedekah biasa. Walau demikian, tetap mendapatkan pahala.

Memilih Hewan Yang Sehat

Selanjutnya, pilihlah hewan yang  sehat. Untuk mengetahui kesehatan dari hewan kurban atau akekah dapat diketahui dari matanya yang tak berair &  cerah. Disamping itu, pada bagian bulunya bersih. Perhatikan juga bagian hidungnya, apa basah atau basah. Biasanya, hewan yang  sakit sukar untuk makan. Maka, pilihlah hewan qurban & aqiqah yang nafsu makannya baik.

Memilih Penjual Yang Terpercaya Dan Bersih

Kemudian, agar ternak yang diperoleh  memenuhi syari’at, maka pilihlah pedagang yang terpercaya dan  amanah. Pemilihan tempat juga menjadi salah satu cara memilih domba atau kambing qurban dan aqiqah. Disini, Saudara juga wajib memastikan bahwasanya binatang ternak itu tidak diternakkan di pembuangan sampah. Ketika seekor binatang ternak memakan sampah atau ada pada lokasi sampah,  maka dagingnya pun memiliki potensi mengandung bahan yang berbahaya.

Sesuaikan Kebutuhan Dengan Anggaran Yang Ada

Terakhir pilihlah Hewan kurban & akekah yang  sesuai dengan uang Anda. Walaupun kurban atau aqiqah adalah suatu sunnah, tetapi tetap harus benar-benar menyesuaikan dana yang dimiliki. Dalam hal pembagian daging kurban atau aqiqah, semestinya sesuai dengan anjuran. Dimana, dalam peraturan tersebut diterangkan bahwasanya hewan qurban & aqiqah dibagi menjadi 1/3 untuk dibagikan kepada yang membutuhkan, 1/3 untuk  dikonsumsi oleh orang-orang yang berqurban dan berakekah dan  1/3 lagi diberikan pada orang yang dihendaki oleh shohibul hajat. Sehingga  terbagi semuanya, baik dalam keadaan mentah maupun matang.

INFO LAINNYA :  Berikut Ini 11 Cara Memilih Kambing/Domba Qurban & Perusahaan Jasa Catering Akekah

 

 

Cara Menentukan Perusahaan Aqiqah

Selanjutnya, ketika memilih perusahaan jasa layanan akikah tidak bisa sembarangan. Terdapat sebagian cara Menentukan Hewan Qurban & Penyedia Jasa Catering Akekah di bawah ini yang dapat Anda praktekkan. Adapun cara yang dimaksud ialah sbb. :

Memilih Penyedia Layanan Aqiqoh yang sudah populer

Tips pertama yang dapat dilakukan ialah dengan mencari layanan aqiqah yang telah kenal sebelumnya. Pastinya, catering aqiqoh yang sudah popular tidak akan mengecewakan para konsumennya. Menariknya, jasa layanan akekah yang sudah terkenal memiliki harga yang cukup ekonomis &  memiliki beragam jenis paket.

Sistem Jasa Aqiqoh

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan ialah mengetahui bagaimana sistem perusahaan jasa layanan akekah tersebut. Point itu mengenai hewan akekahnya, apa sehat, sudah cukup umur &  lain sebagainya. Selain itu, cari juga info mengenai proses penyembelihan kambingnya apa sesuai dengan syarat atau tidak, sistem deliverinya dari mana atau  seperti apa. Semuanya, harus dipahami dengan jelas. Agar, tidak ada salah paham tentang perusahaan layanan akekah tersebut.

Free Ongkir

Kita harus memperjelas ongkos kirimnya, supaya tidak ada biaya diluar dugaan saat orderan diantar. Biasanya ongkos kirim sudah termasuk dalam harga yang tercantum di dalam situs web.

 

Harga

Cara Memilih Kambing Qurban &  Perusahaan Penyedia Layanan Aqiqah terkadang memperhatikan harganya, supaya sesuai dengan budget yang Kita miliki. Tidak Boleh sampai memesan produk akekah yang  melebihi keuangan yang ada. Umumnya, penyedia jasa aqiqoh menyediakan berbagai variant produk dengan harga kompetitif &  bahkan murah.

 

Melihat Penjelasan Konsumen

Di zaman serba online seperti ini, informasi penyedia layanan catering akekah tentunya dapat didapati di dunia maya. Sehingga, memudahkan para calon pembeli untuk menemukannya. Umumnya, dalam situs web layanan catering aqiqoh terdapat kolom testimoni para customer. Jikalau banyak kesaksian positif, karenanya Kamu dapat menggunakan catering akikah tersebut. Cara Memilih Kambing Kurban Atau  Layanan Akikah yang 1 ini selalu dipakai oleh para calon customer, tapi hal itu bukanlah hal utama karena terkadang catering aqiqoh yang tidak mencantumkan testimoni dan juga ada perusahaan jasa layanan aqiqoh yang baru berdiri tetapi memiliki layanan yang sangat memuaskan.

INFO LAINNYA :  Berikut Ini 5 Tips Memilih Hewan Qurban & Layanan Aqiqoh

Juleha (Juru Sembelih Halal) Indonesia

 

Pilih Perusahaan Layanan Catering Akekah Yang Berizin

Terakhir, pilihlah perusahaan jasa layanan aqiqah yang  sudah terdaftar. Perusahaan layanan catering aqiqoh yang legal biasanya sudah memiliki izin dari departemen kesehatan & memiliki sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta terdaftar sebagai anggota ASPAQIN. Akekah.com terdaftar di ASPAQIN (Asosiasi Pengusaha Aqiqah Indonesia) dengan nomor registrasi 02-19-0057, dan mitra-mitra akekah.com pun sudah terregister di depkes dan halal  MUI, serta terdaftar keanggotaan di Asosiasi Pengusaha Aqiqah Indonesia (ASPAQIN). Bahkan banyak juga yang terdaftar di HPDKI (Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia), Juru Sembelih Halal (JULEHA) Indonesia sehingga tidak ragu lagi untuk memilihnya. Baik dari segi pemeliharaan hewan, penyembelihan, kondisi domba atau kambing kurban & aqiqoh, jenis layanan &  harga, sampai cara pengolahan daging aqiqoh pelanggan yang memesan dalam bentuk sudah dimasak. Beragam point itu telah didesain sedemikian rupa, sehingga sesuai syariat. Menariknya, ketika memilih penyedia jasa layanan akikah yang recommended, biasanya ada banyak fasilitas akikah lainnya untuk para pelanggan. Bahkan, pembeli pun dapat memesan catering akikah dengan menu makanan yang diinginkan.

Itulah beberapa point tentang Inilah Beberapa Cara Menentukan Kambing / Domba Kurban & Aqiqah. Beberapa tips yang telah Kita tulis di atas  sangatlah penting. Terutama ketika telah menjelang hari raya idul qurban.