Inilah 9 Tips Memilih Kambing atau Domba Kurban dan Akikah

Inilah 9 Tips Memilih Kambing atau Domba Kurban dan Akikah – Ada 2 hari besar yang selalu dirayakan oleh umat muslim, yakni ’Idul fitri &  ’Idul adha. Ke-2 hari raya itu sangat penting. Sebagaimana yang Anda ketahui, kisaran dua bulan pasca lebaran ’Idul fitri, pasti ’Iedul adha dirayakan.

Idul adha sendiri dapat disebut iedul kurban. Yang mana, hampir semua muslim melaksanakan ritual kurban. Terdapat yang  berqurban dengan sapi, terdapat pula domba / kambing. Biasanya, ketika menjelang iedul adha, terdapat beragam sekali orang-orang yang jual domba qurban di pinggir jalan. Harganya pun berfariasi, sesuai dengan berat dan  kualitas kambing/domba kurbannya.

Selain idul adha, terdapat juga sebuah hal yang mesti dijalankan terlebih dulu, yaitu aqiqoh. Setiap muslim mesti melakukan akekah. Biasanya akikah dijalankan kala seseorang masih kecil atau baru lahir, tetapi boleh juga diamalkan ketika telah mempunyai harta yang cukup. Buat anak laki-laki, maka aqiqoh dikerjakan dengan menyembelih dua ekor domba atau kambing. Sementara, untuk bayi perempuan hanya satu ekor domba. Ketika pemilihan hewannya semestinya dijalankan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, dibawah ini ada beberapa cara Menentukan Domba atau Kambing Kurban dan Perusahaan Penyedia Jasa Layanan Aqiqah.

Tips Menentukan Hewan Kurban dan Jasa Catering Akekah

Memilih type Kambing atau Domba

Ada beberapa type hewan yang disunnahkan untuk berkurban, antara lain adalah : sapi, kerbau, domba, kambing ataupun unta. Hewan-hewan itu pasti yang sudah memenuhi ketentuan tentang hewan yang layak untuk dikurbankan. Jika domba / kambing hanya bisa untuk 1 orang saja. Sedangkan, untuk seekor unta, sapi atau  kerbau mewakili tujuh orang pequrban langsung.

Sudah Cukup Umur

Tidak asal hewan bisa langsung dikurbankan. Tips menentukan hewan kurban dan  penyedia jasa aqiqoh selanjutnya ialah dengan memilih hewan yang sudah cukup usia. Umumnya, hewan sapi, paling tidak sudah berumur 2 tahun sempurna memasuki tahun ke-3. Untuk kambing kacang dan sejenisnya, harus yang sudah genap 2 tahun memasuki ketiga, boleh menggunakan yang berumur 1 tahun atau kurang dari dua tahun jika kambing yang berumur minimal dua tahun sangat sulit ditemukan. Adapun untuk jenis domba & sejenisnya, harus yang sudah genap 1 tahun memasuki kedua, boleh diganti yang berumur setidaknya enam bulan atau kurang dari satu tahun jika domba yang berumur minimal satu tahun susah dicari.

INFO LAINNYA :  Inilah 11 Tips Menentukan Kambing Kurban dan Perusahaan Jasa Layanan Aqiqah

Untuk melihat umur dari domba atau hewan yang hendak digunakan  untuk akekah tersebut, maka bisa dengan melihat giginya. Gigi yang sudah tanggal atau lepas merupakan petunjuk bahwasanya hewan tersebut sudah layak atau cukup usia buat qurban & aqiqoh. Terkadang warna giginya pun terlihat makin gelap.

Tidak Ada Kecacatan

Cara Mencari Hewan Qurban dan Layanan Aqiqah yang setelah itu ialah hewan tersebut tak mempunyai kecacatan. Kecacatan tersebut perlu diperhatikan, karena seandainya  domba / kambing yang dipilih cacat, hewan tersebut tak sah digunakan untuk qurban dan aqiqah. Pastikan bahwa hewan kurban dan akekah yang dipilih masih bisa melihat, tidak pincang dan  lain-lain. Jika hewan yang dipotong jadi tidak memenuhi syarat sebagai hewan qurban dan akikah, dagingnya sudah tidak dapat disebut daging kurban atau aqiqah, tapi daging sedekah biasa. Walau demikian, tetap mendapatkan pahala.

Memilih Hewan Yang Sehat

Selanjutnya, pilihlah hewan yang  sehat. Untuk mengetahui kesehatan hewan qurban & akekah dapat diamati dari matanya yang tidak basah dan  cerah. Selain itu, pada bagian bulunya bersih. Lihat pula bagian hidungnya, apa berair atau basah. Biasanya, hewan yang  sedang sakit sulit untuk makan. Maka, pilihlah hewan kurban & aqiqoh yang nafsu makannya baik.

Memilih Penjual Yang Recommended & Bersih

Kemudian, agar hewan ternak yang diperoleh  sesuai syari’at, karenanya pilihlah tempat yang rekomended &  jujur. Penentuan lapak juga menjadi salah satu tips memilih hewan kurban & akikah. Disini, Kamu pun sepatutnya memastikan bahwa binatang ternak tersebut bukan diternakkan di lokasi pembuangan sampah. Jika seekor ternak memakan sampah atau ada di tengah tempat sampah,  maka dagingnya itu berpotensi mengandung material berbahaya.

Sesuaikan Pilihan Dengan Anggaran Yang Ada

Terakhir pilihlah Hewan kurban dan akekah yang  sesuai dengan uang Anda. Meski kurban atau akikah ialah sebuah sunnah, tetapi tetap mesti melihat budget yang dimiliki. Ketika pembagian daging qurban & akekah, semestinya sesuai dengan anjuran. Dimana, dalam peraturan itu digambarkan bahwa hewan kurban atau aqiqah dibagi jadi 1/3 untuk dibagikan kepada kaum dlu’afa, 1/3 untuk  dimakan oleh orang orang yang berkurban dan beraqiqah &  1/3 terakhir dihadiahkan kepada orang yang diinginkan oleh shohibul hajat. Sampai  terbagi semuanya, baik dalam keadaan mentah maupun matang.

INFO LAINNYA :  Inilah Beberapa Tips Memilih Kambing Kurban & Perusahaan Penyedia Layanan Aqiqah

 

 

Tips Memilih Perusahaan Jasa Layanan Akikah

Selanjutnya, ketika menentukan perusahaan layanan aqiqoh tidak bisa sembarangan. Terdapat sebagian tips Menentukan Domba/Kambing Kurban & Penyedia Jasa Layanan Catering Akikah di bawah ini yang dapat Kamu ikuti. Adapun cara yang dimaksud yakni sebagai berikut :

Memilih Perusahaan Penyedia Jasa Layanan Catering Akekah yang sudah terkenal

Tips pertama yang bisa dilakukan ialah dengan memilih perusahaan akikah yang sudah terkenal. Pastinya, jasa layanan catering aqiqoh yang sudah terkenal tak kan mengecewakan para konsumennya. Menariknya, perusahaan penyedia layanan aqiqah yang telah terkenal memiliki harga yang cukup ekonomis dan  melayani berbagai jenis paket.

Sistem Pelayanan Aqiqoh

Tips selanjutnya yang perlu diterapkan ialah mengetahui seperti apa system jasa akekah tersebut. Point tersebut mengenai domba aqiqohnya, apakah sehat, sudah cukup usia &  lainnya. Selain itu, cari juga informasi mengenai proses pemotongan kambing/dombanya apa sesuai dengan syarat dan rukun atau tidak, sistem deliverinya dari mana &  seperti apa. Semuanya, semestinya dipahami dengan baik. Agar, tak terjadi kesalah-pahaman mengenai catering aqiqah tersebut.

Bebas Ongkos Kirim

Kita harus menanyakan ongkos pengirimannya, supaya tidak ada pengeluaran diluar dugaan saat pesanan diantar. Biasanya ongkos pengiriman sudah include dalam harga yang dicantumkan di website.

 

Harga

Cara Mencari Kambing/Domba Kurban &  Perusahaan Penyedia Jasa Layanan Akikah pun harus melihat harganya, supaya sesuai dengan budget yang Kita miliki. Tidak Boleh sampai memesan produk akekah yang  melebihi keuangan yang telah disiapkan. Pada umumnya, layanan akekah memberikan penawaran berbagai variant produk dengan harga ekonomis dan  bahkan murah.

 

Melihat Testimoni Customer

Di masa serba online seperti saat ini, informasi jasa catering aqiqoh tentunya bisa dicari di dunia maya. Sehingga, mempermudah calon customer untuk mencarinya. Biasanya, di laman web perusahaan catering akikah terdapat kolom testimoni dari para pembeli. Apabila banyak kesaksian positif, maka Kamu bisa memilih jasa layanan catering akikah itu. Tips Memilih Kambing Atau Domba Qurban &  Perusahaan Layanan Akekah yang satu ini senantiasa digunakan oleh para pelanggan, tapi hal itu bukanlah hal utama karena ada jasa aqiqah yang tidak mencantumkan testimoni dan juga banyak perusahaan penyedia layanan aqiqoh yang baru berdiri tetapi memiliki produk yang sangat baik.

INFO LAINNYA :  Berikut Ini 3 Tips Menentukan Kambing Qurban dan Penyedia Jasa Layanan Catering Akekah

Asosiasi Pengusaha Aqiqah Indonesia (ASPAQIN)

 

Pilih Perusahaan Jasa Catering Aqiqah Yang Berizin

Terakhir, pilihlah perusahaan akikah yang  telah resmi. Perusahaan catering aqiqoh yang legal biasanya sudah mengantongi izin dari depkes & memiliki sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta terdaftar sebagai anggota di Asosiasi Pengusaha Aqiqah Indonesia. Akekah.com terdaftar di ASPAQIN (Asosiasi Pengusaha Aqiqah Indonesia) dengan nomor registrasi 02-19-0057, dan mitra-mitra akekah.com pun sudah terregister di departemen kesehatan dan halal  MUI, serta terdaftar sebagai anggota di ASPAQIN (Asosiasi Pengusaha Aqiqah Indonesia). Bahkan banyak juga yang terdaftar di Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI), Juru Sembelih Halal (JULEHA) Indonesia sehingga tidak ragu lagi untuk menggunakannya. Baik dari sisi pemeliharaan hewan, penyembelihan, kondisi kambing/domba kurban dan aqiqoh, ragam layanan dan  harga, sampai proses pemasakan daging aqiqah pelanggan yang memilih dalam bentuk sudah siap konsumsi. Sekian banyak hal itu sudah didesain sedemikian rupa, sehingga sesuai syari’at. Menariknya, saat mencari layanan aqiqoh yang recommended, terdapat fasilitas aqiqoh lainnya untuk para pembeli. Bahkan, pembeli pun dapat memesan jasa catering akekah dengan menu makanan yang diharapkan.

Itulah beberapa hal tentang Inilah 9 Tips Memilih Kambing atau Domba Kurban dan Akikah. Tips-tips yang telah Kita tulis di atas  sangatlah penting. Terutama saat sudah menjelang hari raya idul qurban.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Admin