Site icon Akekah.com

Aqiqah Pati Melayani Wilayah Lahar Tlogowungu, Pati

akekah.com – #AkikahPati, Penyedia Aqiqah Pati, #PenyediaJasaLayananAqiqahPati – Sebelum Kita membahas lebih jauh tentang pelaksanaan aqiqoh yang akan dijalankan, alangkah baiknya Kita sama-sama mengetahui dahulu apa itu penjelasan aqiqoh.

Aqiqah Pati Melayani Wilayah Lahar Tlogowungu, Pati

Ta’rif Aqiqah Menurut Bahasa dan Istilah

Kata aqiqah berasal dari bahasa Arab. Secara etimologi, akikah berarti ‘memutus’. ‘Aqqa walidayhi, artinya jika ia memutus (tali silaturahmi) kedua orang tuanya. Dalam istilah, aqiqoh berarti “menyembelih kambing pada hari ketujuh (dari kelahiran seorang bayi) sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat Allah SWT berupa kelahiran seorang anak”.

Hukum Aqiqoh Dalam Islam

Status hukum aqiqah ialah sunah. Hal tersebut sesuai dengan pandangan mayoritas ulama, seperti Imam Syafi’i, Imam Ahmad dan Imam Malik, dengan berdasarkan hadits di atas. Para ulama itu tak setuju dengan yang menyatakan bahwa akikah adalah wajib. Dengan alasan bahwa; Jika aqiqoh itu wajib, maka Rasulullah ﷺ juga pasti telah menekankan akan keharusan tersebut.

Menurut mayoritas ulama, aqiqoh hukumnya sunnah muakkad bagi kedua orang tua yang mempunyai tanggungan nafkah atas bayi tersebut dan orang tua itu sanggup mengaqiqahinya. Namun apabila orang tua tidak mampu, maka tak apa-apa baginya meninggalkan aqiqah. Keluarga yang beraqiqoh boleh memakan sepertiga dari daging aqiqoh itu.

Tetapi bila akikah ini dinadzarkan, hukumnya wajib dikerjakan. Dan daging aqiqah nadzar ini wajib dibagikan seluruhnya, yang beraqiqoh tak diperbolehkan makan dagingnya sama sekali.

Dan berdasarkan pendapat ulama’ Hanafiyah hukum aqiqah adalah mubah (dilakukan tak dapat pahala, ditinggal tidak pula berdosa). Ada juga yang mengatakan bahwa hukumnya wajib, seperti pendapatnya Imam al-Laitsy.

Persyaratan Hewan Akikah

Ketentuan Fisik Domba Atau Kambing Aqiqah

Sehat, tidak cacat, tidak buta atau pincang, gemuk, tak kurus yang mengakibatkan dagingnya benar-benar sedikit.

Persyaratan Usia Kambing / Domba Akikah

Idealnya, hewan akikah yang berupa kambing|Untuk hewan aqiqoh berupa kambing, maka utamanya minimal berumur 2 tahun genap & domba minimal berumur 1 (satu) tahun genap memasuki tahun kedua. Tapi jika susah mencari yang pas, boleh dengan kambing yang berumur minimal dua belas bulan genap memasuki tahun kedua atau domba minimal berumur 6 (enam) bulan sempurna memasuki bulan ketujuh.

Problem persyaratan umur domba / kambing akikah dan qurban tak jarang menjadi pro kontra bagi para ustadz ataupun tokoh yang mengerti persoalan itu. Karena ketika Kita berada di posisi sebagai konsumen (meski Kita punya mampu dalam sisi harta) kemungkinan Kita mau hewan aqiqoh dan qurban dengan usia ideal & besar namun anggaran yang Kita siapkan hanya bisa untuk membeli jadza’ah yang berukuran kecil, meskipun sebetulnya Kita mampu untuk membeli domba & kambing aqiqah dan kurban dengan usia musinnah. Hal ini tak mengapa dikala Kita benar-benar sedang kurang baik.

Ketika merencanakan kelahiran sang buah hati, tentunya Anda juga harus mempersiapkan akikahnya. Dalam hal ini Anda harus mempersiapkan hewan terbaik yang akan dijadikan sebagai hewan aqiqah. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan usia domba atau kambing aqiqah. Dan harus dipastikan hewan akikahnya memiliki kondisi yang sehat, dan tidak memiliki cacat apapun. Untuk jumlahnya ini disesuaikan dengan jenis kelamin bayi yang baru lahir. Jika bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki, maka jumlah kambing yang harus diakikahkan sebanyak 2 (dua)ekor. Sedangkan apabila bayi tersebut berjenis kelamin perempuan maka jumlah hewan akikahnya hanya 1 ekor saja.

Gambaran Mengetahui Hasil Masakan Domba / Kambing

Tabel ini hanya perkiraan berdasarkan pengalaman Kami saja, karena banyak faktor yang memberi pengaruh tumbuh kembang domba & kambing. Tak ada rumus pasti tentang hal ini. Jadi ini bukanlah hal baku. Bisa jadi benar, dan bisa juga kurang tepat. Tabel berikut ini Kami lampirkan untuk memudahkan Kita dalam menyiapkan kebutuhan aqiqoh keluarga Kita, bukan untuk menentukan usia kambing dan domba akikahnya. Metode yang kerap kali diterapkan untuk menghitung umur domba & kambing adalah dengan mengamati giginya.

Di tempat Kami, in syaa Allah kambing aqiqohnya sudah memenuhi syarat dan cukup umur. Panjenengan bisa lihat jumlah hasil masakannya, terutama hasil sate. Njenengan juga bisa datang langsung pada saat proses pemotongannya secara langsung. Dan kalau berhalangan untuk datang langsung, in syaa Allah nanti akan Kami kirim dokumentasinya.

Persentase Karkas dan Daging Dari Satu Ekor Kambing Atau Domba

Seekor domba & kambing bisa menjadi karkas kisaran 40-45% dari bobot badannya, dengan daging (daging tanpa tulang) kisaran 60% dari hasil karkas. Atau untuk mudahnya, Kita dapat menggunakan estimasi “daging murni (boneless) dari 1 ekor kambing atau domba itu sekitar 25% dari bobot hidupnya.” Misalkan jika bobot hidupnya 20 kg, kemungkinan daging murninya sekitar 5 kg.

Satu kg daging murni biasanya bisa menjadi 10 – 20 porsi masakan atau 50 – 75 tusuk sate. Untuk nasi besek lazimnya menjadi 10 porsi, sedangkan untuk nasi boks porsi resto, lazimnya dapat hingga 20 porsi.
Menu sate lazimnya dapat diganti menjadi bistik, teriyaki, lada hitam, bumbu kecap / semur, rendang, atau menu lainnya tergantung makanan khas masyarakat setempat. Kalau dirubah dari sate ke menu lain, 4-5 tusuk sate jadi satu porsi menu masakan lainnya.

Menu Masakan Domba Dan Kambing Akikah

Menu paling lazim untuk bagian tulang, jeroan, kepala & kaki adalah gulai. Tetapi bisa juga dibuat soup atau tongseng.

Di beberapa daerah, kulitnya dikumpulkan untuk didonasikan, di daerah lainnya ada juga yang dimasak. Tetapi tak jarang cuma menjadi limbah, karena keterbatasan SDM untuk mengolahnya dan tidak ada pengepul / pembeli kulit padahal pengolahan kulit memakan waktu yang banyak.

Di tempat Kami, kulit bisa diolah menjadi masakan sehingga kulit bisa dimanfaatkan. Jika kulit dimasak gulai dicampur dengan tulang dan jeroan, cukup menambah biaya Rp. 100.000 dan kalau dimasak jadi oseng lombok ijo cukup menambah Rp. 150.000

Ketentuan Waktu Untuk Aqiqoh Sesuai Sunnah

Mengenai kapan aqiqoh dilakukan, Rasulullah ﷺ bersabda,

“Seorang bayi tertahan hingga ia diaqiqohi, (yaitu) yang disembelih pada hari ke-7 dari kelahirannya dan dikasih nama pada waktu itu?”.

Hadits ini menjelaskan bahwa beraqiqoh mendapatkan kesunahan kalau disembelih pada hari ketujuh. Sayyidah Aisyah RA dan Imam Ahmad menyatakan bahwa aqiqoh bisa disembelih pada hari ketujuh, atau hari ke-14 maupun hari keduapuluh satu. Sedangkan Imam Malik berpendapat bahwa sembelihan aqiqoh pada hari ketujuh cuma sekadar sunah. Seandainya akikah disembelih pada hari keempat, atau kedelapan ataupun kesepuluh maupun setelah itu, hal itu boleh.

Kelebihan Memakai Jasa Catering Akikah

Harga Kambing Aqiqoh Pati

[easy-pricing-table id="36652"]
Daftar Harga Kambing Aqiqah Pati ini diupdate tanggal 28 Juni 2021.
10 hari sebelum dan setelah lebaran, ada penambahan harga Rp. 100.000/paket untuk sementara waktu. Menyesuaikan dengan harga kambing di pasaran.

 

Daftar Harga Nasi Box Aqiqah Pati

[easy-pricing-table id="36657"]

 

Hewan Kurban

Selain menyediakan layanan aqiqah, Kami juga menjual kambing qurban. Bisa menggunakan sistem akad pre order (bai’ salm), dengan pembayaran full di awal dengan harga jauh lebih murah hingga 20% dari harga saat idul adlha. Hewan qurbannya dikirim menjelang Idul Adlha. Tidak ada biaya perawatan, biaya pakan atau biaya tambahan lainnya.

Testimoni Akikah Pati

Untuk melihat testimoni, silakan kunjungi link https://akekah.com/testimoni

 

 

Exit mobile version