Apa Arti Akekah Menurut Terminologi?

Apa Arti Akekah Menurut Terminologi? – sekarang sudah banyak bermunculan dengan beraneka macam pelayanan serta penawaran yang diberikan. Tetapi, jangan salah pilih. Karena, menentukannya dapat berpengaruh pada keabsahan atau tidaknya dalam menjalankan akikah yang merupakan salah satu sunah Rasulullah ini. Tentukan dengan benar, pastikan bahwa jasa aqiqoh itu telah sesuai dengan ketentuan. Jangan tergiur dengan karena harganya yang murah saja.

Akekah Bukan Sekedar Ceremony Tasyakuran Biasa, Tetapi Salah Satu Bentuk Ibadah Yang Mana Dalam Prosesnya Ada Syarat Yang Harus Dipenuhi.

Hal ini memang bisa menarik perhatian Kita. Karena, dalam iklan di laman web sering memberikan penawaran yang super wah. Tetapi, pada kenyataannya tak sesuai dengan keinginan. Jadi Ayah patut berhati-hati jangan sampai niat menjalankan ibadah aqiqahnya tidak memenuhi syari’at. Bunda wajib paham tentang ketetapan akekah dan juga penyedia jasa layanan aqiqoh. Baca dan pahami dengan teliti satu per satu, jangan terburu-buru.

 

 

Penjelasan Akikah

Secara Bahasa

Secara bahasa aqiqah berasal dari kata ’aqqa-ya’iqqu / ya’aqqu (عق يعق عقيقة) yang berarti potong. Kata potong disini dapat diistilahkan dalam dua konteks yakni mencukur  rambut bayi yang akan diakekahi dan yang kedua yaitu memotong (menyembelih) binatang untuk bayi yang diaqiqohi.

Menurut Istilah

Imam Nawawi dalam kitabnya al-Majmu’ menerangkan seputar pengertian aqiqoh :

“binatang yang disembelih pada hari ke-7 dari kelahiran seorang bayi sebagai rasa syukur kepada Allah subhanahu wata’ala atas karunia anak yang dia terima, baik laki-laki ataupun perempuan”

 

Hukum Tentang Aqiqah

Hukum akekah sunnah muakkad. Tapi menjadi wajib jika dinazarkan sebelumnya.

Dalil atas perintah ibadah ini adalah hadist Nabi SAW. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Semua bayi tergadaikan dengan aqiqoh-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.” (Shahih, HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain-lainnya)

عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ الضَّبِيّ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَعَ اْلغُلاَمِ عَقِيْقَةٌ فَاَهْرِيْقُوْا عَنْهُ دَمًا وَ اَمِيْطُوْا عَنْهُ اْلاَذَى

Dari Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy, dia berkata : Rasulullah bersabda : “Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.” Shahih Hadits Riwayat Bukhari (5472), untuk lebih lengkapnya lihat Fathul Bari (9/590-592), dan Irwaul Ghalil (1171), Syaikh Albani

Makna menghilangkan gangguan adalah mencukur rambut bayi atau menghilangkan semua gangguan yang ada (Fathul Bari (9/593) dan Nailul Authar (5/35), Cetakan Darul Kutub Al-‘Ilmiyah, pent.)

 

Waktu Terbaik Untuk Berakekah

Berdasarkan hadist no.2 dari Samurah bin Jundab. Para ulama berpendapat dan sepakat bahwa waktu akekah yang paling utama adalah hari ketujuh dari hari kelahirannya. Namun mereka berselisih pendapat tentang bolehnya melaksanakan aqiqah sebelum hari ketujuh atau sesudahnya. Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah berkata dalam kitabnya “Fathul Bari” (9/594) :

“Sabda Rasulullah pada perkataan ‘pada hari ketujuh kelahirannya’ (hadist no.2), ini sebagai dalil bagi orang yang berpendapat bahwa waktu akekah itu adanya pada hari ketujuh dan orang yang melaksanakannya sebelum hari ketujuh berarti tidak melaksanakan akekah tepat pada waktunya. bahwasannya syariat akikah akan gugur setelah lewat hari ketujuh. Dan ini merupakan pendapat Imam Malik.

Beliau berkata : “Kalau bayi itu meninggal sebelum hari ketujuh maka gugurlah sunnah aqiqoh bagi kedua orang tuanya.” Sebagian membolehkan melaksanakannya sebelum hari ketujuh. Pendapat ini dinukil dari Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam kitabnya “Tuhfatul Maudud” hal.35.

Sebagian lagi berpendapat boleh dilaksanakan setelah hari ketujuh. Pendapat ini dinukil dari Ibnu Hazm dalam kitabnya “al-Muhalla” 7/527. Sebagian ulama lainnya membatasi waktu pada hari ketujuh dari hari kelahirannya. Jika tidak bisa melaksanakannya pada hari ketujuh maka boleh pada hari ke-14, jika tidak bisa boleh dikerjakan pada hari ke-21. Berdalil dari riwayat Thabrani dalm kitab “As-Shagir” (1/256) dari Ismail bin Muslim dari Qatadah dari Abdullah bin Buraidah.

 

 

Syarat Kambing Atau Domba Untuk Aqiqah

Seperti apa ketentuan domba untuk akikah?

Pada dasarnya, sunnah aqiqah adalah salah satu syiar agama islam yang sungguh-sungguh mulia dan agung. Idealnya, seorang bayi yang baru terlahir ke muka bumi ini memiliki hak untuk diakikahi oleh orang tuanya.

Tetapi pada kenyataannya, justru yang terjadi dimasyarakat ialah tidak semua orang tua melaksanakan sunnah aqiqah sesudah sang buah hati dan belahan jiwanya terlahir.

Ada beragam faktor yang melatar belakangi kondisi ini, bisa jadi karena kondisi ekonomi kedua orang tuanya pada dikala itu sedang tak mampu, makanya agak keberatan ketika harus mengeluarkan biaya untuk aqiqoh.

Alasan ekonomi tidak boleh menjadi alasan utama untuk mencari layanan akekah termurah tanpa menghiraukan kriteria yang berhubungan dengan kambing untuk aqiqah, sebab walaupun aqiqoh itu bukan hal yang wajib, tapi ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, terutama kriteria hewan aqiqahnya. Diantaranya yaitu : sehat, tidak cacat, tidak terlalu kurus & cukup umur.

Antara kambing dan domba memiliki perbedaan, terutama dalam hal umurnya.

 

Jenis Dan Syarat Domba Untuk Aqiqah

Untuk jenis hewan yang akan digunakan untuk aqiqoh yaitu hewan ternak, yaitu domba atau kambing. Tidak ada tuntunan yang mengatakan jenis kelaminnya harus jantan. Boleh menggunakan kambing atau domba jantan maupun betina. Sedangkan syarat-syarat pemilihan hewannya, kurang lebih sama dengan pemilihan kambing untuk qurban, yakni :

  • Hewan harus sehat jasmaninya, tidak boleh cacat
  • Boleh betina ataupun jantan
  • Bukan hewan curian
  • Apabila Kambing, usianya harus minimal 2 tahun sempurna. Tetapi jika tidak ada, maka boleh menggunakan yang berusia 1 tahun (memasuki tahun ke-2).
  • Apabila Domba, usianya harus minimal 1 tahun sempurna. Tetapi jika tidak ada, maka boleh menggunakan yang berusia 6 bulan (memasuki bulan ke-7)

وهي أى الأضحية اسم لما يذبح من النعم أى التي هي الإبل والبقر والغنم فشرط الأضحية أن تكون من النعم التي هي هذه الثلاثة__ويجزئ فيها الجذع من الضأن وهو ماله سنة وطعن في الثانية والثني من المعز وهو ما له سنتان و طعن في الثالثة والثني من الإبل ما له خمس سنين و طعن في السادسة والثني من البقر ما له سنتان و طعن في الثالثة. الباجوري ٢/٢٩٧-٢٩٥

.ولا يجزئ من الضأن الا الجذع وهو من الغنم ما له سنة على الأصح___و قيل ما له ستة أشهر وقيل ثمان وأما الثني من المعز فما له سنتان على الأصح___وقيل ما له سنة و دخل في الثانية. كفاية الأخيار ٢/٢٣٦

 

Jumlah Kambing Atau Domba  Untuk Akekah

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنْ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا

Dari Ibnu Abbas bahwasannya Rasulullah bersabda : “Mengaqiqahi Hasan dan Husain dengan satu kambing dan satu kambing.” HR Abu Dawud (2841) Ibnu Jarud dalam kitab al-Muntaqa (912) Thabrani (11/316) dengan sanadnya shahih sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Daqiqiel ‘Ied.

عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدّهِ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص مَنْ اَحَبَّ مِنْكُمْ اَنْ يَنْسُكَ عَنْ وَلَدِهِ فَلْيَفْعَلْ عَنِ اْلغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَ عَنِ اْلجَارِيَةِ شَاةٌ

Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya, dari kakeknya, Rasulullah bersabda : “Barangsiapa diantara kalian yang ingin menyembelih (kambing) karena kelahiran bayi maka hendaklah ia lakukan untuk laki-laki dua kambing yang sama dan untuk perempuan satu kambing.”

Sanadnya Hasan, Hadits Riwayat Abu Dawud (2843), Nasa’I (7/162-163), Ahmad (2286, 3176) dan Abdur Razaq (4/330), dan shahihkan oleh al-Hakim (4/238)

 

Apa Arti Akekah Menurut Terminologi?

Harga Akekah

Hal pertama yang tak boleh luput dari perhatian Ketika mencari penyedia jasa aqiqah yaitu harga. Jangan hanya berpatokan pada promo atau harga yang lebih murah dengan lainnya. Akan tetapi,  pelajari satu per satu mengenai layanan atau paket yang diberikan.

Tak ada salahnya memperhatikan atau bertanya type domba aqiqoh yang dipakai. Kemudian, cari info di dunia online mengenai persyaratan domba untuk akekah. Mulai dari syarat, jenis, usia dan ketentuan lainnya.

Harga domba akikah berbeda-beda, tergantung type  kambingnya. Misalkan : harga kambing atau domba jantan lebih mahal dibandingkan domba betina, kambing jawa biasanya lebih mahal dibandingkan domba, begitu juga harga domba garut lebih mahal dari harga jenis ekor gemuk.

Selain berdasarkan tipenya, harga  kambing atau domba aqiqah juga bergantung pada harga yang berlaku di daerah setempat. Misalkan harga domba akikah di Jawa Timur bisa jadi berbeda dengan harga yang berlaku di Jawa Barat, dan lain sebagainya.

 

 

Jujur & Amanah ketika Memberikan Pelayanan

Cara memilih jasa aqiqah berikutnya yaitu jujur dan amanah. Salah satu indikatornya ialah Anda boleh melihat tipe kambing yang akan disembelih secara langsung. Bukan hanya video atau foto, tapi di kandangnya. Atau lewat layanan video call sehingga Anda bisa melihat langsung.

Perhatikan dengan benar mulai dari kesehatan makanan serta metode merawatnya. Sebab ini sungguh penting sebab, salah satu ketetapan Islam untuk domba yang dipakai akekah sudah seharusnya dalam keadaan sehat. Tidak sakit atau cacat. Indikator selanjutnya, dapat melalui testimoni dari para pelanggan yang sudah membeli sebelumnya.

Lihat pula fasilitas lain yang akan diberikan. Sebagai salah satu contoh memiliki mobil pengantaran. Ini betul-betul krusial karena dalam pengerjaan pengiriman mesti tepat dengan waktu yang telah ditentukan. Tepat waktu adalah penilaian paling tinggi dalam memastikan kelas dari sebuah perusahaan.

Jujur dan amanah juga bisa dinilai dari wujud pelayanan saat Anda menghubungi pihak customer service. Bisa wujud pelayanannya benar-benar ramah, dan sabar. Jadi, tidak ada salahnya jadi orang membuat dongkol sementara sebelum melakukan pemesanan. Para customer service juga punya beragam solusi untuk menyelesaikan masalah Anda.

Jasa Akikah mesti punya cita rasa tinggi. Mulai dari menu untuk diolah, karena saat menikmatinya rasa merupakan ukuran lain. Biasanya mahal dan tidaknya juga dapat dinilai dari cita rasa olahannya. Paling penting yakni dagingnya tak keras atau alot, serta tidak beraroma prengus kambing.

Buktikan Sendiri atau bisa Bertanya Ke Orang Lain

Hal paling penting dari semua proses akekah ketika pengerjaan penyembelihan. Mulai dari metode hingga do’a.  meminta video dari mereka atau coba meminta supaya Anda menyembelih sendiri. Karena ini memungkinkan untuk menghindari berbagai kekeliruan yang dapat terjadi.

Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada sahabat atau saudara mengenai kwalitas penyedia layanan aqiqah itu. Tetapi bila sudah punya nama, pasti banyak orang akan datang dan memberi rekomendasi yang cukup baik. Jadi, jangan cuma percaya pada testimoni mereka saja, lebih baik untuk testimoni sendiri secara langsung.

Tips yang sudah dibahas di atas, hampir semuanya ada pada diri kami. Jadi, tak perlu ragu memilih paket layanan kami. Untuk info harga aqiqoh terbaru, bisa langsung datang ke kantor akekah.com atau hubungi melalui WhatsApp dan telepon.

INFO LAINNYA :  Anjuran Rosulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam Perihal Aqiqah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Admin